Mengenal Tradisi Nyadran di Kampung Nelayan

image

Mengenal Tradisi Nyadran di Kampung Nelayan – Tepatnya didesa gempolsewu kec.rowosari kab.kendal jateng,tepatnya dipesisir pantai. tradisi “nyadran” adalah tradisi jawa yang sejak dulu diadakan oleh nenek moyang mereka hingga sampai saat ini.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar tradisi nyadran diantaranya adalah untuk keselamatan warganya, dijauhkan dari wabah penyakit, hasil panen nelayan mereka bisa mendapatkan ikan yang banyak, dan bnyak lagi arti dari tradisi “nyadran” tersebut yang tidak saya tulis.

Inti dari tradisi ” nyadran” adalah menghanyutkan/menenggelamkan kepala kerbau atau sapi ketengah laut untuk dipersembahkan kepada penjaga laut agar nelayan mudah dalam mendapatkan ikan. Katanya. Tradisi ini diadakan pada hari jum.at kliwon bulan suro/bulan jawa.

Hingga saat ini banyak pengunjung dari berbagai daerah untuk mengunjungi acara tersebut. Jika pembaca blog nyleneh.com ingin mengunjungi silahkan datang langsung dan pastikan bawa uang yang banyak karna banyak pedagang2, permainan anak2, dsb ๐Ÿ˜€ . kalo mau berdagang juga bisa, dijamin laris ๐Ÿ™‚ . Sekilas cerita dari masyarakat.

5 pemikiran pada “Mengenal Tradisi Nyadran di Kampung Nelayan

  1. Saya juga pernah dengar Kang Tradisi Nyadran ini, cuma belum pernah melihat langsung. Kalau di Karawang ada juga Pesta Laut Larung kang, sama menghanyutkan/menenggelamkan kepala kerbau… mungkin sama ya kang, cuma namanya saja yg berbeda sesuai daerahnya masing2 ….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s