Nasehat seorang hamba untuk hamba

Saya saksikan sendiri berkali kali ada seorang yang masih berpakaian sopir, pedagang asongan, dan berjenis jenis manusia yang secara sepintas tidak menunjukkan sebagai manusia yang taat beragama, tetapi dalam satu waktu mereka masuk ke dalam Musholla beruku’ sujud dan berwirid begitu khusyu’.

image

Bahkan di saat fajar kemaren, dengan pakaian yang lusuh, bergaya preman, bodoh dan awut awutan mereka antri di serambi Musholla yang pintunya masih terkunci.

Begitu pintu dibuka sebelum subuh itu, mereka bergegas mengambil wudlu dan sholat sunnah, saya sendiri yang menurut pengakuan saya sendiri sebagai orang pinter berbicara agama, yang berbusa busa dalam membicarakan ahlaq dan yang bersemangat membicarakan tashowwuf, tiba tiba dipaksa untuk ikut antri dibarisan mereka karena malu, bukan karena kesadaran sendiri.

Sayapun teringat dengan pesan Simbah Yai Minanur Rohman agar saya tidak mudah menilai seseorang berdasarkan penampilan luarnya.

image

para Kekasih Alloh itu hampir mirip dengan inteljen, dan bahkan lebih sulit untuk dideteksi, maka jangan pernah sekalipun memandang remeh seseorang, karena keistimewaan mereka lebih banyak tertutupi oleh kerendahan diri. Begitu lanjut Simbah Yai.

Saya yakin, sebab banyaknya orang orang seperti itulah Indonesia akan tetap bertahan menjadi sebuah negara yang rakyatnya tetap dalam keadaan berkecukupan dalam kondisi dimana para pemegang kekuasaan sibuk memperagakan kelucuannya.

Indonesia makmur bukan sebab program kerja para politikus dan pemegang kekuasaan, tetapi Indonesia makmur disebabkan banyaknya rakyat yang bersabar di saat mereka tidak dianggap sebagai rakyat dan masih bersujud ruku menghamba kepada Yang Maha Kuasa.

Posted from WordPress for Android

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s