Bagaimana Cara Menghadapi Tes Wawancara Tatap Muka Yang Sukses

Bagaimana Cara Menghadapi Tes Wawancara Kerja Tatap Muka Yang Sukses

tes interview kerja rekrutmen calon pegawai indonesia

Bagaimana Cara Menghadapi Tes Wawancara Tatap Muka Yang Sukses – Dalam Getting Hired Lesley Curwen melihat proses perekrutan yang berubah dengan cepat di perusahaan, besar dan kecil. Sebagai seorang perekrut di Lloyds Banking Group menyatakan, wawancara tatap muka adalah “sejauh ini aspek yang paling penting dari setiap proses perekrutan.” Sebenarnya, kemampuan Anda untuk menjawab pertanyaan di depan orang atau panel dapat membuat atau menghancurkan karier Anda. Cocok dengan goyangan atau dasi yang salah dan Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada pekerjaan impian Anda. Untungnya, kami di sini dengan beberapa kiat yang sangat diperlukan untuk membantu Anda menyelesaikan wawancara itu dan mengubah “bantu saya” menjadi “Saya disewa!”.

1. Lakukan penelitian Anda
Jangan sampai ketahuan. Cari tahu siapa yang akan mengajukan pertanyaan dan pelajari sebanyak mungkin tentang mereka.

Teliti perusahaan secara menyeluruh. Apa bisnisnya? Apa omset tahunannya? Siapa yang bertanggungjawab? Apa posisi perusahaan di industri ini? Dan siapa pesaing utama bisnis ini?

Tempat yang baik untuk memulai adalah situs web perusahaan. Buat catatan, pelajari nama, dan siapkan beberapa pertanyaan untuk diajukan di akhir wawancara Anda yang menunjukkan seberapa banyak penelitian yang telah Anda lakukan.

Ini semua kerja keras yang dapat Anda lakukan sebelum hari besar untuk membantu Anda merasa siap dan percaya diri.

2. Latihan menjadi sempurna
Buat daftar pertanyaan potensial yang mungkin Anda tanyakan dan berlatih menjawab semuanya.

Jika Anda terjebak untuk ide-ide, ada banyak situs yang menawarkan pertanyaan wawancara klasik sehingga Anda bisa merasakan jenis hal yang mungkin dilemparkan kepada Anda.

Ketika menyiapkan jawaban Anda, pikirkan dalam hal menceritakan kisah: siapkan contoh konkret tentang di mana, kapan, dan bagaimana Anda telah menunjukkan semua keterampilan yang diminta dalam deskripsi pekerjaan. Cerpen-cerpen ini tentang pencapaian dan pengalaman masa lalu Anda harus menggambarkan bagaimana Anda memberikan nilai kepada atasan Anda sebelumnya dan bagaimana Anda akan menambah nilai dalam peran baru ini.

3. Berpakaian untuk mengesankan
Seorang mantan ahli dalam rekrutmen eksekutif, Virginia Eastman, ingat mewawancarai seorang pria yang melamar untuk menjalankan sebuah perusahaan media: “Halitosis dan kebersihan pribadinya masuk ke ruangan tiga menit sebelum dia melakukannya, dia mengenakan pakaian kaus kaki, makanan yang sangat buruk. turun kerahnya, sisir terburuk yang pernah saya lihat. ”Tak perlu dikatakan, dia tidak mendapatkan pekerjaan.

Kesan pertama sangat penting. Beberapa pengusaha potensial akan mengambil keputusan dalam 30 detik pertama – Anda bisa tampil gemilang tetapi jika pakaian Anda telah membuat mereka menunda, Anda akan berjuang dalam pertempuran yang kalah.

Gunakan jas dan dasi, atau kemeja putih bersih dan celana panjang, atau gaun canggih. Meskipun perusahaan mungkin memiliki kebijakan pakaian kasual, mereka tidak akan mengharapkan Anda muncul dengan jeans. Dan faktanya adalah, Anda tidak bisa membahayakan dengan menjadi pintar. Pastikan pakaian Anda bersih dan disetrika pada malam sebelumnya sehingga tidak ada kepanikan menit terakhir.

Dan jangan makan sup tomat di bus dalam perjalanan ke sana.

4. Memiliki jabat tangan yang kuat
Ini sering kali merupakan sesuatu yang kita lupakan, tetapi calon majikan akan menghakimi Anda dengan berjabat tangan.

Bagaimanapun, ini adalah salah satu hal pertama yang akan terjadi ketika Anda berjalan di ruangan itu.

Jabat tangan yang kokoh mengatakan bahwa saya percaya diri, terkendali, tegas dan profesional. Terlalu tegas dan Anda akan tampak mendominasi dan agresif. Terlalu lemas dan Anda akan terlihat seperti ikan basah.

Jika Anda khawatir, berlatihlah pada teman dan mulailah mengambil keputusan apakah Anda perlu bersikap tegas atau melonggarkan cengkeraman itu. Ketika sampai pada hari besar, pastikan Anda menjaga kontak mata dengan semua orang yang melakukan kontak fisik dengan Anda. Dan memiliki beberapa jaringan strategis di saku Anda – tidak ada yang mau memegang telapak tangan yang berkeringat!

5. Tersenyumlah!
Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan saat jantungmu berdegup kencang, perutmu bergejolak dan kamu khawatir kamu akan melupakan namamu sendiri. Tapi tersenyum adalah bahasa universal yang mengatakan bahwa saya senang berada di sini, dan saya orang yang baik.

Jadi berikan senyum lebar ketika Anda berjalan di pintu, dan cobalah untuk tersenyum sebanyak yang Anda bisa selama percakapan. Ini cara mudah untuk mencetak poin!

Mengenai masalah bahasa tubuh, ingatlah untuk duduk tegak dan tidak pernah bungkuk.

6. Jangan biarkan saraf menjadi lebih baik dari Anda
Adrenaline dapat membuat kinerja yang mendebarkan dan mengesankan, atau … bencana. Saraf yang memilukan dapat membuat semua penelitian yang telah kami lakukan dan fakta yang kami ingat terbang keluar dari kepala kami. Mereka dapat membuat tangan kita bergetar dan perut kita berputar.

Jika Anda tahu saraf adalah musuh terbesar Anda, jadilah proaktif. Lakukan napas dalam-dalam saat Anda menunggu untuk dipanggil ke dalam ruangan, atau mungkin bahkan latihan kesadaran saat Anda bepergian ke wawancara.

Hal yang cemerlang tentang adrenalin adalah adrenalin dapat membantu kita melakukan yang terbaik jika kita memanfaatkannya secara efektif. Salurkan saraf itu ke jawaban yang terfokus dan kinerja yang menonjol. Apakah pekerjaan di masa depan saat ini tidak ada? Jika Anda pergi ke sekolah dasar hari ini dan pergi dalam waktu 15 tahun, 65% dari pekerjaan yang akan ditawarkan tidak ada hari ini. Bisakah itu benar?

7. Bersikap karismatik
Lesley bertemu Dermot Rooney dari MJ Rooney, sebuah perusahaan konstruksi yang dikelola keluarga kecil. Dia berkata, “Wawancara tatap muka benar-benar memberikan kesempatan bagi orang itu untuk menunjukkan sedikit karisma mereka kepada Anda, untuk memberi tahu Anda apa gairah mereka.”

Apa yang membuat Anda menjadi diri Anda sendiri? Tunjukkan kepribadian dan karisma dan berdiri keluar dari keramaian.

Dan jangan lupa untuk menjadi evangelis tentang pekerjaan itu sendiri. Ketika wawancara selesai, ulangi betapa Anda menyukai perusahaan dan betapa bersyukurnya Anda atas kesempatan untuk bekerja di sana. Vokalisasi bahwa antusiasme mungkin membuat Anda berbeda dari kandidat lain.

8. Jangan kehilangan momentum
Bahkan jika Anda merasa seperti melakukan pengeboman selam, tanpa ada peluang besar untuk menerima tawaran pekerjaan itu, tetaplah maju. Jangan menganggap itu kesepakatan yang dilakukan.

Anda mungkin diyakinkan bahwa panel orang-orang yang berlawanan telah membenci Anda secara aktif, tetapi Anda mungkin jauh dari sasaran.

Jawaban berikutnya yang Anda berikan bisa jadi adalah yang mereka tunggu-tunggu, jadi terus ikuti tindakan dan kekuatannya. Kamu punya ini!

referensi: https://bbc.co.uk

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s